10 Webcomic Bacaanku

Enggak bisa dipungkiri bahwa orang yang kaku bin jadul sepertiku pun tergoda buat baca webtoon. Webtoon pertama yang kunikmati adalah Dr. Frost, dan sejak saat itu masih suka lihat-lihat komik baru yang asyik buat diikuti setiap minggunya.

Berikut ini beberapa serial di LINE Webtoon yang masih suka kubaca sekarang (walau ada sebagian yang belum kulanjutkan). Maafkan aku karena ini komik luar semua, soalnya komik dalam negeri yang kubaca cuma Tahilalats (karya Nurfadli Mursyid/Ryan Set) dan Requiem: Dying Message (karya Ranranano).

Yak, barangkali kamu terinspirasi atau jadi kepingin ikutan baca.

1. Bluechair

ec8db8eb84a4ec9dbc_ipad

Komik komedi slice of life yang sering bikin nyesek. Ditulis oleh Shen, yang nasibnya—atau ngakunya—melas banget. Ceritanya random aja, kadang lucu, kadang serem, bacanya juga enggak mesti urut, sampai ada pembaca yang berkomentar, “ini kira-kira bakal ada plotnya engga Bang?” saking ngawurnya, hahaha. Versi webtoonnya lagi hiatus, tapi di medsos jalan terus.

2. Live With Yourself

ec8db8eb84a4ec9dbc_ipad1

Komik komedi sci-fi karya Shen juga, dan (siaulnya) lagi hiatus juga. Aku enggak tahu apa maunya Bang Shen ini, padahal plotnya keren banget. Gini. Ceritanya si Todd mengalami kecelakaan di sebuah lab yang memiliki mesin waktu. Alhasil? Kini dia harus hidup dengan tiga versi dirinya yang lain: dirinya di hari esok, dirinya versi tua, dan dirinya versi bayi. Ngenes enggak sih? Sehari-harinya cuma ngobrol dan berantem sama diri sendiri. Bang Shen memang rajanya ngenes.

3. Roar Street Journal

ec8db8eb84a4ec9dbc_ipad2

Komik slice of life karya Bonnie Pang. Tentang hewan-hewan antropomorphis yang menjalankan sebuah kantor. Kantor apaan? Ya kantor buat bacain surat pembaca gitu, enggak ngerti juga wa. Sudah tamat sejak Februari lalu dalam 309 episode. Komik ini dipenuhi tokoh hewan baik hati dengan karakter-karakter unik. Sering kali konflik yang timbul adalah dari ciri stereotipe mereka sendiri. Misalnya si Jerapah yang lehernya kepanjangan terus kesusahan buat ngetik di komputer gitu, hahaha.

4. Sweet Home

10_ec8db8eb84a4ec9dbc_ipad

Buat yang sudah baca Bastard karya Youngchan Hwang dan Carnby Kim, pasti langsung klik komik thriller satu ini. Bercerita tentang Cha Hyun, cowok hikikomori yang punya riwayat percobaan bunuh diri, yang terpaksa menjalani kehidupan baru di mana segalanya harus dia urus sendiri, tanpa bantuan orang lain. Aku belum baca banyak sih, takut ada adegan sadisnya. Meskipun pengalaman membuktikan bahwa kesadisan di Bastard enggak terlalu graphic, tapi tetap aja. Komik ini baru terbit sejak awal Januari 2018, masih on-going dan update setiap Senin.

5. Dustinteractive

thumb_ipad

Komik slice of life lainnya, hahaha (bacaan lu enggak ada variasinya, Git). Dibuat oleh Dustin Rogers, mirip-miriplah ngenesnya sama Bluechair. Coretannya yang lentur bahkan mengingatkanku pada Tahilalats. Episode yang paling kutunggu adalah Ethan the Vegan, kisah ular boa vegetarian dan (mantan) calon mangsanya, si tikus. Masih on-going, update setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

6. A Budgie’s Life

thumb_ipad1

Webcomic favoritku!

Tentang keseharian seorang komikus dan burung-burung parkitnya yang berkepribadian lucu-lucu. Yang bikin aku terpikat sih gambarnya yang berwarna cerah dan unyu. Sering bikin parodi anime dan film-film terkenal yang kadang bikin jiwa tsukkomi-ku kumat. Based on their true life. Si author sering ngeposting foto-foto peliharaannya di Instagram dan Twitter. Mbak Author juga sering ngadain giveaway dan kontes foto burung parkit buat dia cantumkan ke episode komiknya. Masih on-going. Terbit setiap Senin, Selasa, dan Minggu.

7. Days Of Hana

10_ec8db8eb84a4ec9dbc_ipad1

Komik karya Seokwoo yang juga menulis komik Orange Marmalade ini sebenarnya tipikal cerita Twilight sih. Berlatar di dunia yang menjadikan werewolf sebagai peliharaan (cadas banget, bung). Ada anak manusia serigala yang diselamatkan oleh keluarga manusia, terus si bocah serigala tumbuh bersama si anak manusia yang kebetulan seumuran. Waktu sudah remaja, mereka masuk SMA sama-sama. Entah mengapa gemes aja sama Hana (si manusia) dan Haru (si manusia serigala) ini. Masih on-going dan terbit setiap Rabu.

8. Super Secret

ec8db8eb84a4ec9dbc_ipad3

Komik karya Eon ini juga tentang manusia serigala, tapi ceritanya lebih unyu lagi. Setelah hidup bertetangga selama bertahun-tahun, Emma tidak tahu bahwa cowok unyu ganteng bin perhatian di sebelah rumahnya ternyata manusia serigala. Mereka pun terjebak friendzone walaupun sebenarnya saling suka. Coretan gambarnya unyu. Masih on-going, tapi kuhemat-hemat bacanya. Terbit setiap Rabu.

9. Space Boy

ec8db8eb84a4ec9dbc_ipad4

Yang ini agak serius, bergenre sci-fi. Dibuat oleh Stephen McCranie dan masih on-going dari tahun 2015. Bercerita tentang gadis sinestesia yang semula hidup di koloni luar angkasa lalu terpaksa pindah ke bumi. Begitu tiba di bumi, ia menyadari bahwa ia sudah tertinggal 30 tahun berkat perjalanan antariksanya. Belum lanjut lagi bacanya, karena sejujurnya aku lemah di bidang sci-fi. Coretan gambar dan pewarnaan ala western yang enggak se-cute komik Korea mungkin juga jadi faktornya, hahaha. Terbit setiap Kamis.

10. Just For Kicks

10_ec8db8eb84a4ec9dbc_ipad2

Komik super-unyu tentang Taekwondo! (Perbendaharaan kata lu mentok di ‘unyu’ ya Git -,-)

Realitas kehidupan anak-anak Taekwondo yang ngenes dan enggak sekeren tampak luarnya. Cerita slice of life karya Josie Fox ini bakal lucu banget kalau dibaca sama yang relatable. Masih on-going dan terbit setiap Kamis.

Bonus:

Kind Of Confidential

thumb_ipad2

Komik karya Vivian Darlin ini kutemukan di bagian superhero. Berkisah tentang superhero yang mendadak kehilangan kekuatan supernya dan terjatuh dari langit, lalu ditolong oleh seorang gadis… yang merupakan mantan penjahat super! Masih on-going dan update setiap Jumat, komik lucu ini mungkin cocok buat mengakhiri akhir pekanmu.

Sebenarnya masih ada beberapa webcomic keren lain yang sempat kuikuti lalu DNF begitu saja. Alasannya bikin kamu kepingin nampol sih, cuma karena aku malas mengikuti terlalu banyak cerita. Mungkin kapan-kapan akan kushare komik-komik lain, siapa tahu kita satu selera 😉

Iklan

Kemari, kamu pasti ingin berkata sesuatu.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s